RPP dan Silabus
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SDN Insani
Mata Pelajaran : Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit
A. Standar Kompetensi :
6.1.Siswa dapat mengetahui dan memahami
unsure-unsur yang dapat di indera oleh manusia, yaitu alam semesta, kehidupan
dan manusia, sebagai makhluk yang diciptakan.
B. Kompetensi
Dasar :
6.1.1 Siswa dapat memahami hakikat kehidupan,
alam semesta dan manusia, serta hubungan ketiganya dengan sesuatu yang ada
sebelum kehidupan dunia dan yang ada sesudahnya.
C. Nilai
Karakteristik Bangsa
Karakter siswa yang diharapkan :
·
Rasa ingin tahu
·
Memecahkan
masalah
·
Kreatif
D. Indikator
Memahami hakikat kehidupan, alam semesta dan
manusia, serta hubungan ketiganya dengan sesuatu yang ada sebelum kehidupan
dunia dan yang ada sesudahnya.
E. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat memahami
hakikat Kehidupan
·
Siswa dapat memahami hakikat Alam Semesta
·
Siswa dapat
memahami hakikat Manusia
·
Siswa dapat
menganalisis hubungan Kehidupan,alam semesta dan manusia dengan sesuatu yang
ada sebelum kehidupan dunia dan yang ada sesudahnya.
F. Materi Ajar
Jalan menuju Iman
G. Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
H. Model
Pembelajaran
1. Bertukar
Pasangan
Langkah
–langkah :
·
Setiap siswa
duduk dengan rapi dan siap mendengarkan materi.
·
Guru
menyampaikan materi dengan teratur.
·
Guru memperhatikan
setiap siswa, agar siswa focus terhadap materi yang disampaikan
·
Siswa
dipersilahkan bertanya.
·
Guru menjawab
pertanyaan siswa.
·
Guru membuat
simpulan.
I. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
- Mengecek kehadiran siswa dengan menanyakan siswa yang tidak hadir (Absensi )
- Membahas pelajaran yang telah dipelajari
- Mengkaitkan dan membahas pelajaran yang akan dipelajari
- Prates ( tes awal mengukur kemampuan awal sebelum KBM)
B. Kegiatan Inti:
- Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi,guru :
·
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi kepada siswa
·
Mendiskusikan
materi bersama siswa
·
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
- Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,guru :
·
Memfasilitasi
siswa dengan mencari sumber bahan diskusi seperti buku ,Lks dan sumber lainnya.
·
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal pada buku atau Lks.
- Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,guru :
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir,guru :
- Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
- Membuat kesimpulan dan membahas bersama
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
- Memberikan tugas (PR) kepada siswa
J. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Peraturan Hidup Dalam Islam
- Materi Dasar Islam.
K. Format Penilaian
PENILAIAN
Nama :
Kelas : VI
Waktu
Pelaksanaan :
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Skor
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
10
|
0
|
40
|
||||
2
|
20
|
60
|
|||||
3
|
20
|
60
|
|||||
4
|
15
|
V
|
60
|
||||
5
|
25
|
100
|
|||||
6
|
10
|
||||||
Jumlah
|
100
|
320
|
|||||
Nilai
Akhir :
|
80
|
Keterangan : Sangat sempurna = 4
, Sempurna = 3
Kurang
sempurna = 2 , Sangat tidak sempurna = 1
Nilai
akhir : skor proses x bobot + skor hasil x bobot : 100 =
N =
80x40+80x60:100=80
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
Sukabumi,…………….
Guru
Mata Pelajaran
|
……………………………
NIP………………………
|
……………………………
NIP………………………
Thn lahir bulan tgl thn diangkat bulan dianggkat jenis kel/pusat
19570401 198412 2001
|
TEMA: Kesehatan Masyarakat
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1.
PPKn
Menunjukkan perilaku rela berkorban dalam
keluarga, sekolah dan lingkungan
|
·
Membuat daftar tentang masalah sosial yang
berkaitan dengan kesehatan lingkungan (kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular, polusi)
·
membuat kliping tentang masalah sosial yang
berkaitan dengan kesehatan lingkungan (kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular, polusi) (bahasa)
·
Mengetahui masalah sosial yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan
(kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular, polusi) melalui diskusi
kelompok
·
Berperilaku peduli apabila terjadi masalah
kesehatan di sekitarnya
|
Minggu I
·
Mempelajari konsep jenis dan macam penyakit (Jenis penyakit : 1) Menular
: Panu, kadas, Kurap, Bisul, Muntaber, TBC., Hevatitis, HIV, 2) Tidak menular
: Jantung, Kanker, Asma).
·
Mempelajari macam-macam zat adiktif ( Amfetamin, Amobarbital, Flunitrazepam, Diahepam, Bromazepam, Fenobarbital, .
Minuman Beralkohol / Minuman Keras / Miras, Tembakau / Rokok / Lisong, ,
Halusinogen, Bahan , Pelarut seperti bensin, tiner, lem, cat, solvent, dll
·
Menjelaskan pengaruh zat-zat
aditif terhadap kesehatan
·
Mencari informasi dengan mengumpulkan data
tentang jenis-jenis penyakit beserta jumlah penderita dan pengunjung dari
sumber Puskesmas terdekat atau sumber yang lain
·
Mencari informasi masalah sosial yang berhubungan dengan kesehatan
lingkungan (kepadatan penduduk, sanitasi, penyakit menular, polusi)
·
Mencari informasi dengan mengumpulkan data
tentang berbagai jenis informasi (banyaknya: kepala keluarga, penderita
berbagai penyakit, anak lahir dalam suatu kurun waktu, orang meninggal, dsb)
·
Mendiskusikan adab menghadapi orang sakit.
·
Mempelajari cara membacakan doa untuk orang sakit agar diberi kesehatan,
keselamatan dunia akhirat.
·
Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti: Melakukan
lari santai jogging, Melakukan gerakan senam kebugaran jasmani
Minggu II
·
Menyimak isi berita secara cermat dari
televisi/radio
·
Menyerap informasi dari berita
·
mendiskusikan berita yang didengar
·
menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
·
mengembangkan pokok-pokok berita menjadi sebuah cerita yang runtut.
·
Mencari informasi dengan mengumpulkan data
tentang berbagai jenis informasi (banyaknya: kepala keluarga, penderita
berbagai penyakit, anak lahir dalam suatu kurun waktu, orang meninggal, dsb)
·
Menyajikan data yang diperoleh dengan tabel
· Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti: Melakukan lari santai jogging, Melakukan gerakan senam
kebugaran jasmani
Minggu III
·
Mencari informasi dengan mengumpulkan data
tentang berbagai jenis informasi (banyaknya: kepala keluarga, penderita
berbagai penyakit, anak lahir dalam suatu kurun waktu, orang meninggal, dsb)
·
Menyajikan data yang diperoleh dengan grafik
·
membacakan tentang berbagai peristiwa
·
mencatat pokok-pokok isi teks
·
menulis kalimat utama
·
mendikusikan isi teks
·
menyimpulkan isi teks
·
menuliskan rangkuman isi percakapan
·
menyimak pidato/sambutan
·
mencatat hal-hal pokok isi pidato
·
menyimpulkan isi pidato.
·
mengungkapkan kembali isi pokok pidato
·
mengidentifikasi bagian-bagian
pidato
·
menyusun kerangka pidato
·
mengembangkan naskah pidato
·
merevisi naskah pidato
·
Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti: Melakukan
lari santai jogging Melakukan gerakan senam kebugaran jasmani
Minggu lV
·
melaksanakan tugas guru untuk mencari majalah/koran tertentu
·
mencatat pokok-pokok isi pesan
·
mencerap informasi
·
mencatat hal-hal penting dalam infomasi
·
mendiskusikan hasil baca/simakan
·
menjelaskan kembali hasil diskusi
·
menyampaikan isi pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media
·
mengaitkan hasil baca dengan konteks kekinian.
·
melakukan uji coba tentang temuan informasi yang dapat dimanfaatkan untuk
wirausaha atau lingkungan hidup.
Misalnya informasi tentang pengolahan sampah menjadi kompos.
·
Mempelajari konsep variasi dan kombinasi (gerak dasar jalan, lari,
lompat, dan lempar).
·
Bermain berjalan, lari, melompat, dan melempar ke arah sasaran),
dilakukan perorangan berpasangan, dan kelpmpok
·
Menghitung rata-rata, median, dan modus
dari data yang telah dikumpulkan
·
Menaksirkan informasi berdasarkan rata-rata, median, dan modus
Minggu V
·
Menghitung rata-rata, median, dan modus
dari data yang telah dikumpulkan berkaitan dengan jenis-jenis penyakit
beserta jumlah penderitanya dan pengunjung dari sumber Puskesmas terdekat
·
Menaksirkan informasi berdasarkan rata-rata, median, dan modus tentang
jenis-jenis penyakit beserta jumlah penderitanya dan pengunjung dari sumber
Puskesmas terdekat
·
Meramalkan perkembangan penderita penyakit dan
fakta yang lain
·
Melakukan pencegahan penyakit menular (Menjaga kebersihan diri dan lingkungan)
·
Melakukan pencegahan penyakit tidak menular (Pola hidup sehat : makanan,
istirahat, dan olahraga)
·
Mempelajari bermacam-macam zat adiktif ( Amfetamin, Amobarbital, Flunitrazepam, Diahepam, Bromazepam, Fenobarbital, .
Minuman Beralkohol / Minuman Keras / Miras, Tembakau / Rokok / Lisong, ,
Halusinogen, Bahan , Pelarut seperti bensin, tiner, lem, cat, solvent, dll
· Mempelajari konsep zat adiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang
apabila dikonsumsi oleh organisme hidup dapat menyebabkan kerja biologi serta
menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan dan berefek
ingin menggunakannya secara terus-menerus yang jika dihentikan dapat memberi
efek lelah luar biasa atau rasa sakit luar biasa.
· Menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas
fisik seperti: Melakukan lari santai jogging, Melakukan gerakan senam
kebugaran jasmani
Minggu VI
· Mengukur berat badan
teman-temannya
· Mengukur tinggi badan teman-temannya
· Menyajikan
tinggi dan berat atas hasil pengukuran
· Membandingkan antara
berat dan tinggi badan setiap temannya
· Menyebutkankan konsep Narkotika adalah suatu obat
atau zat alami, sintetis maupun sintetis yang dapat menyebabkan turunnya
kesadaran, menghilangkan atau mengurangi hilang rasa atau nyeri dan perubahan
kesadaran yang menimbulkan ketergantungna akan zat tersebut secara terus
menerus. Menyebutkankan macam-macam narkotika yang terkenal adalah seperti
ganja, heroin, kokain, morfin, amfetamin, dan lain-lain.
· Menyebutkan cara menghindar dari zat Adiktif
dan Narkotik
·
Menyebutkankan konsep variasi dan kombinasi (gerak dasar loko motor, non
loko motor, dan manipulatif).
·
Bermain dengan menggunakan gerak dasar berjalan, lari, melompat, dan
melmpar arah sasaran), dilakukan perorangan berpasangan, dan kelpmpok
Minggu VII
· Menjelaskan kriteria
berat ideal
· Menjelaskan penggunaan
rumus kriteria berat ideal
· Menentukan ideal tidaknya
sesorang setelah mengetahui tinggi dan beratnya
· Menjelaskan resiko dari
berat yang tidak ideal
· Mendiskusikan masalah penyakit yang banyak
diderita oleh masyarakat sekitar meliputi penyebab, penyembuhan, dan
pencegahannya
· Mendiskusikan masalah sosial meliputi penyebab,
pemecahan masalah, dan solusinya
· Membuat
simpulan tertulis individual/kelompok
· Mempelajari konsep kebugaran, bahwa kebugaran
jasmani merupakan kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara
efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih menikmati waktu
luangnya.
· Mempelajari komponen kebugaran yang berkaitan
dengan kesehatan : 1). Kebugaran jantung, paru-paru, dan peredaran darah 2).
Lemak tubuh. 3). Kekuatan otot. 4).
Kelenturan.
·
Mempelajari konsep variasi dan kombinasi (gerak dasar, kuda-kuda silang,
kuda-kuda tengah, pukulan, dan tangkisan).
Bermain dengan menggunakan gerak dasar, kuda-kuda
silang, kuda-kuda tengah, pukulan, dan tangkisan ), dilakukan perorangan
berpasangan, dan kelpmpok.
Minggu VIII
·
Mempelajari bahan dan alat make up
yang layak digunakan
·
Mengidentifikasi langkah-langkah dalam merawat busana tari
·
Mempelajari tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) untuk tingkat Sekolah
Dasar (SD) usia 6-12 tahun terdapat butir-butir tes diantaranya adalah: a)
lari 30 meter, b) baring duduk 30 detik, c) angkat tubuh 30 detik, d) loncat
tegak, dan e) lari 600 meter untuk umur 6-9 tahun putra dan putri, serta a)
lari 40 meter, b) baring duduk 30 detik, c) angkat tubuh 30 detik, d) loncat
tegak, dan e) lari 600 meter untuk umur 10-12 tahun putra dan putri. Tes
tersebut harus dilaksanakan dalam satu satuan waktu tanpa terputus dan tidak
dapat dilaksanakan secara bertahap, jenis tes ini dapat dipilih salah satu
yang dapat dilaksanakan di sekolah.
Contoh tes
kebugaran untuk umur 10-12 tahun putra dan putr, dengan lari: 600 meter untuk daya tahan jantung, .
Hasil yang
dicatat adalah waktu yang ditempuh pelari dengan jarak 600 M dalam satuan
menit dan detik.
·
Menyajikan data hasil tes kebugaran jasmani
·
Menghitung rata-rata, median, dan modus dari
·
Menafsirkan data hasil tes kebugaran jasmani
·
Mengidentifikasi jenis-jenis gambar poster
·
Membuat rancangan poster dengan tema tentang pencernaan dan peredaran
darah
·
Membuat poster tentang pernafasan
·
Mengidentifikasi teknik pernapasan dalam bernyanyi
·
Berlatih teknik bernyanyi dengan teknik pernafasan
·
Bernyanyi dengan teknik pernapasan yang baik
·
Mengidentifikasi bahan dan alat make-up rias tari yang layak dan tidak
digunakan
·
Merawat busana tari sesudah dan
sebelum digunakan
·
Mempresentasikan hasil gambar yang dibuat
·
Mendiskusikan perubahan bentuk energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan.
·
Mengidentifikasi jenis-jenis energi
·
Menggolongkan energi
berdasarkan jenis
·
Membuat bagan sirkulasi energi
·
Mempelajari konsep teknik dasar renang gaya bebas (gerakan tungkai,
gerakan lengan, pernafasan dan koordinasi gerakan.
·
Melakukan gerakan tungkai renang gaya bebas, dipinggir kolam, kedua lengan dipegang teman, kedua
lengan memegang papan pelampung, dan kedua lengan lurus di depan badan,
posisi badan telungkup, dilakukan perorangan, berpasangan, dan berkelompok.
·
Melakukan gerakan lengan renang gaya bebas dipinggir kolam, kedua kaki dipegang
teman, kedua paha menggepit papan pelampung posisi badan telungkup ,dilakukan
perorangan, berpasangan, dan berkelompok
·
Melakukan gerakan pernafasan renang gaya bebas dipinggir kolam, kedua kaki dipegang teman, dilakukan
perorangan, berpasangan, dan berkelompok
·
Melakukan gerakan koordinasi renang gaya bebas (gerakan kaki, lengan dan
pernafasan)
|
· Media gambar,
· LKS, lingkungan,
· Buku teks,
· cerita rakyat,
· nara sumber,
· koran
· majalah,
· internet
· informasi dari desa/ kecamatan, dsb
|
|
2. B. Indonesia
3. Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai
dengan agama yang dianutnya
|
·
mendoakan orang yang sakit beserta terjemahan
bahasa Indonesianya
|
|||
5. Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu (T3)
|
-Siswa mampu
menjelaskan hasil bacaan/hasil simakan
|
|||
8. Mendengarkan isi berita dari televisi atau
radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara tertulis
|
1. Mencatat pokok-pokok berita yang didengar
2. Menjawab
pertanyaan tentang isi berita yang didengar (5W+1H)
3. Mengembangkan pokok-pokok berita menjadi cerita runtut
dengan bahasa sendiri
|
|||
14.Menyampaikan pesan atau informasi dari
berbagai media (cetak dan elektronik)
dengan bahasa yang runtut
|
4. Mencari informasi dari berbagai media yang diperlukan
5. Mencatat pokok-pokok isi pesan/informasi
6. Menjawab pertanyaan tentang isi pesan/informasi
7. Menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dengan bahasa yang runtut dan
komunikatif
|
|||
12.Membaca
teks tentang berbagai peristiwa (gejala alam, pencemaran, perubahan
iklim), mengajukan pertanyaan, meringkas, dan mengajukan pendapat secara
tertulis
|
-
Menyampaikan simpulan teks
-
Mengajukan pertanyaan dan pendapat
-
Meringkas teks
|
|||
17.Menyusun naskah pidato atau sambutan
(perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dsb.)
|
· Menyimak isi pidato
· Mencatat hal-hal pokok isi pidato
· Menyimpulkan isi pokok pidao
· Menyampaikan kembali isi pidato dengan kalimat runtut
dan bahasa yang santun
· Menyusun pidato.
|
|||
21. Melakukan penyelidikan sederhana dan menulis
laporan tentang perubahan bentuk energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan.
|
·
menentukan objek penyelidikan
·
Mengidentifikasi objek
·
Menulis data objek
·
Menyusun kerangka laporan
·
Menyusun laporan berdasarkan pengamatan
|
|||
3. MATEMATIKA
3. Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk
tabel dan grafik
|
3.1.a menyebutkan jenis-jenis penyakit yang
pernah ditangani puskesmas
3.1.b mendaftar banyaknya penderita masing-masing
penyakit berdasarkan kampung atau waktu
3.2.a Menyajikan data tentang
banyaknya penderitra penyakit dengan menggunakan tabel
3.2.b Menyajikan data tentang
banyaknya penderitra penyakit dengan menggunakan grafik
|
.... jam pel X 35 menit
|
||
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan
modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
|
3.3 .a. Menentukan rata-rata data yang diperoleh
3.3.b Menentukan
median data yang diperoleh
3.3.c Menentukan rata-rata data yang
diperoleh
3.3.d menjelaskan kecenderungan perkembangan banyaknya
penderita berbagai penyakit berdasarkan waktu
3.3.e menjelaskan kecenderungan
perkembangan banyaknya penderita berbagai penyakit berdasarkan tempat
|
....jam pel X 35 menit
|
||
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai
bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
|
3.4.a mengukur berat badan
3.4.b mengukur
tinggi badan
3.4.c menjelaskan kriteria berat ideal
3.4.d menentukan
kriteria beratnya sesorang
|
Buku teks,
Media gambar,
LKS, majalah, koran, interne, lingkungan
|
....jam pel X 35 menit
|
|
4. Seni budaya dan Design
4.1. Menggambar poster dengan menerapkan proporsi dan
komposisi berdasarkan pengamatan
|
·
Menyebutkan bebrbagai jenis gambar
·
Merancang gambar ilustrasi atau komik tentang pencernaan dan peredaran
darah
|
·
|
4 minggu
|
|
4.2. Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
|
·
Menyebutkan dan memperagakan teknik pernapasan
dalam bernyanyi
·
Menyanyikan lagu-lagu wajib dengan teknik
pernapasan yang benar
|
·
|
8 JP
|
|
4.3. Menyajikan tari bertema sesuai dengan rias dan
busananya mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan komposisi tari dengan
iringan
|
·
Sebelum penyajian tari mengidentifikasi bahan dan alat make-up rias tari
yang layak dan tidak digunakan
·
Setelah penyajian tari merawat busana tari sesudah dan sebelum digunakan
|
|||
4.4. Menggambar poster dengan menerapkan proporsi dan
komposisi berdasarkan pengamatan
4.5. Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
4.6. Menyajikan tari bertema sesuai dengan rias dan
busananya mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan komposisi tari dengan
iringan
|
·
Menyebutkan bebrbagai jenis gambar
·
Merancang gambar ilustrasi atau komik tentang pencernaan dan peredaran
darah
·
Menunjukkan bahan dan alat make up yang layak digunakan
·
Menggambar ilustrasi atau komik tentang pernapasan
·
Menyebutkan dan memperagakan teknik pernapasan
dalam bernyanyi
·
Menyanyikan lagu-lagu wajib dengan teknik
pernapasan yang benar
·
Menunjukkan bahan dan alat make up yang layak digunakan
|
|||
5.0 Menghargai tubuh sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
· Melakukan lari santaijogging sesuai dengan aturan
· Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan serius
sesuai dengan irama
|
|||
5.1 Memahami dan mampu
mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran (KI 4)
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep kebugaran,komponen,dan tes kebugaran jasmani
Aspek Psikomotorik
1.
Melakukan tes lari jarak 600 m
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
|||
5.2 Memahami dan mampu memelihara diri dari
penyakit menular dan tidak menular
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep jenis dan macam penyakit .
Aspek Psikomotorik
Melakukan pencegahan penyakit
menular dan tidak menular
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
|||
5.3 Memahami dan mampu
menghindarkan diri dari bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep zat adiktif, narkotik, macam-macamnya, dan cara untuk
menghindarnya
|
|||
5.4 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan
kontrol yang baik melalui permainan
dan olahraga atletik dan atau
tradisional (KI 4)
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan variasi dan kombinasi gerak dasar berjalan, lari dan lompat
dan melempar.
Aspek Psikomotorik
1.
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar berjalan, lari
2.
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasa lari dan lompat
3.
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar lari dan melempar.
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
|
|||
5.5 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotir, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil dan bola besar dengan kontrol
yang baik. (KI 4)
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan variasi dan kombinasi gerak dasar loko motor, non loko motor,
dan manipulatif
Aspek Psikomotorik
1.
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar loko motor dan non loko
motor
2.
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar loko motor dan manipulatif
3.
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar non loko motor dan
manipulatif
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak .
|
|||
5.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan variasi dan kombinasi gerak dasar kuda-kuda-pukulan.
torik
Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar
(kuda-kuda-pukulan-tangkisan ).
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak .
|
|||
5.7 Mempraktikkan
keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam kecepatan tertentu*
|
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep teknik dasar renang gaya bebas (gerakan tungkai,
gerakan lengan, pernafasan dan koordinasi gerakan.
Aspek Psikomotorik
1. Memperagakan gerakan tungkai renang gaya bebas
2. Memperagakan gerakan lengan renang gaya bebas
3. Memperagakan pernafasan renang gaya bebas
4. Memperagakan koordinasi renang gaya bebas
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
|
Komentar
Posting Komentar