Ide Kreatif untuk Usaha, Dapat dari mana?

Persaingan bisnis sekarang terlihat makin ketat, satu produk bisa dijual di berbagai toko dan tempat. Jika Anda tidak bisa menyajikan sesuatu yang berbeda pada usaha Anda, bukan tidak mungkin Anda kehilangan kesepatan untuk mempertahankan pelanggan karena pelanggan merasa bisa mendapatkan produk seperti yang Anda jual dimana saja. Anda perlu sesuatu yang bisa mereka ingat, sesuatu yang menjadi nilai plus usaha Anda, sesuatu yang hanya bisa mereka dapatkan di usaha Anda. Anda butuh ide kreatif untuk menyajikan sesuatu tersebut. Lalu bagaimana caranya agar Anda mendapat ide kreatif?
Banyak orang  mengatakan “Saya tidak kreatif” atau “Saya bukan orang kreatif”, tapi tahukah Anda bahwa kreatif itu adalah suatu kebiasaan? Jika Anda tadinya bukan seseorang yang kreatif, dengan terbiasa kreatif bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan ide-ide kreatif yang tidak Anda pikirkan sebelumnya. Ada beberapa tips untuk membiasakan diri Anda berpikir kreatif, yaitu:
Pertama, membaca. Koran, majalah, artikel online, bacalah dengan detail. Tingkat intensitas membaca seseorang berbanding lurus dengan tingkat kecerdasan seseorang. Membaca membuat wawasanmu bertambah luas dengan informasi-informasi yang bisa kamu dapatkan.
Ciptakan quality time. Luangkan waktu baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun sahabat. Nikmati momen kebersamaan tersebut untuk membebaskan pikiranmu dari tekanan yang Anda dapatkan sehari-hari. Pikiran yang ringan dapat menjadi pintu masuk yang sesuai untuk ide kreatif.
Selalu ingin tahu. Rasa penasaran membuat Anda mencari tahu tentang segala hal, mulai dari yang realistis sampai yang tidak masuk di akal. Mengapa suatu hal bisa terjadi, bagaimana suatu produk atau jasa dapat tersebentuk. Gali semua hal yang membuatmu penasaran, dengan begitu Anda dapat melihat dan memahami hal tersebut.
Berpikir terbalik. Jika selama ini Anda memikirkan satu hal secara runtut, cobalah balik pikiran Anda. Gantilah sudut pandang Anda menjadi sudut pandang baru yang dapat menciptakan pandangan baru bagi Anda.
Menjadi orang gila. Bukan berarti Anda harus tertawa sendirian di tengah kerumunan orang, ya. Tapi pikirkan ide-ide yang sebelumnya Anda pikir tidak mungkin bisa direalisasikan. coba cari ide gila yang bisa Anda realisasikan. Banyak usaha sukses berawal dari ide gila!
Kira-kira segitu hal yang bisa Anda coba untuk mengasah otak untuk berpikir kreatif. Intinya adalah Anda harus merasa nyaman dengan imajinasi pikiran Anda sendiri, dengan begitu Anda pasti tahu imajinasi mana yang bisa direalisasikan pada usaha Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekhawatiran Barat akan bangkitnya Ideologi Islam

Struktur Negara Khilafah